×

Notice

There is no category chosen or category doesn't contain any items

TOD ‘Sementara’ di Podomoro Golf View Diresmikan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

 

Keterangan pers usai peresmian Transfer Point LRT Gunung Putri di Kawasan Podomoro Golf View, Sabtu (21/4/2018) / Foto: Pius

 

Sembari menunggu pembangunan LRT tahap 2 Cibubur-Bogor, maka transfer point akan digunakan mengangkut penghuni Podomoro Golf View menuju simpul transportasi massal terdekat atau wilayah potensial lainnya. Untuk mendukung TOD tersebut, APL sudah membangun gedung Park & Ride Transfer Point untuk TOD setinggi 5 lantai.

Pengembangan suatu kawasan tidak berjalan dengan baik tanpa ditunjang oleh sarana transportasi yang integral. Apalagi kawasan superblok yang notabene akan dihuni ribuan orang. Agung Podomoro Land melalui proyeknya Podomoro Golf View di Cimanggis adalah salah satu proyek yang dikembangkan dengan pendekatan transportasi atau transit oriented development (TOD).

Untuk mendukung pengembangan konsep tersebut, Sabtu (21/4/2018) lalu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, meresmikan Transfer Point LRT Gunung Putri di dalam kawasan Podomoro Golf View, Cimanggis, Bogor.

Hadir dalam kegiatan tersebut, antaralain Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Tbk, Cosmas Batubara; Wakil Presiden Direktur, Indra Widjaja Antono; Direktur Utama PPD, Pande Putu Yasa; Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha DAMRI, Tatan Rustandi; serta Bupati Kabupaten Bogor, Nurhayanti.

“Ini merupakan sinergi positif antara pengembang dan penyedia jasa transportasi. Dengan begini, diharapkan akan berdampak luas terhadap pola pergerakan orang yang cenderung meningkat. Sehingga juga akan mendorong mereka untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik,” ujar Bambang.

Kata Bambang, saat ini ada sekitar 47 titik yang cukup potensial untuk dibangun TOD. Jika semua sudah terbangun, maka otomatis pola pergerakan orang akan berubah, sehingga penggunaan kendaraan pribadi akan turun drastis.

Baca Juga:

“Pemerintah menargetkan ada sekitar 10 TOD yang akan dimulai pada tahun ini. Setelah Podomoro Golf View, kami akan ground breaking Poris Plawad, Kota Tangerang; Jatijajar, Depok; Pondok Cabe, Tangerang Selatan; dan Baranangsiang, Bogor,” terang Bambang.

Untuk mendukung target tersebut, BPTJ menambah sebanyak 1.000 armada bus tahun ini. Adapun hingga April tahun sudah ada 400 bus, sehingga masih kurang 600 bus lagi.

Terintegrasi LRT

Podomoro Golf View adalah kawasan hunian mixed-use development seluas 60 hektar, yang bakal merangkum hunian, fasilitas pendidikan, dan berbagai sarana lainnya. Kawasan ini juga akan dilintasi kereta ringan light rail transit dengan simpul Stasiun Gunung Putri yang berada dalam kawasan tersebut.

Bahkan pengembang juga sudah membangun Gedung Park & Ride Transfer Point untuk TOD setinggi 5 lantai.

“Jadi untuk sementara, selama TOD-nya belum jadi, maka pakai transfer point dulu ke TOD terdekat, seperti ke Cibubur. Dengan rencana pemerintah membangun LRT sampai ke Bogor, maka di sini termasuk Stasiun LRT Gunung Putri,” terang Alvin Andronicus, Assistant Vice President Marketing APL.

Sebelumnya, di lokasi yang sama, Presiden Direktur APL, Cosmas Batubara mengaku bangga ditunjuk pemerintah menjadi operator transfer point TOD Gunung Putri.

“Kami tentu bangga ditunjuk menjadi operator transfer point TOD Gunung Putri yang memberikan banyak manfaat kepada masyarakat luas,” katanya.

Menurut Cosmas, penyediaan TOD Gunung Putri di kawasan Podomoro Golf View merupakan upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam menekan kemacetan lalu lintas yang berdampak sangat luas.

Masyarakat yang akan terlayani dengan keberadaan transfer point ini tidak hanya mereka yang tinggal di Gunung Putri, melainkan juga warga Depok secara luas, terutama di sekitar Cimanggis dan Cinere.

“Untuk awalnya kami layani dengan bus dulu, baik PPD maupun DAMRI ke simpul transportasi massal terdekat, sambil menunggu dibangunnya LRT,” tegas Bambang.

Berbagai kelebihan transfer point Gunung Putri antara lain berada di kawasan Superblok Podomoro Golf View yang memiliki area parkir luas, disediakan shuttle bus, terminal dan ruang tunggu yang nyaman, hingga terkoneksi dengan fasilitas kawasan.

Transfer Point TOD Gunung Putri mengintegrasikan jalur LRT (Light Rail Transit) dari arah bogor ke cawang (dan sebaliknya), jalur bus baik PPD, DAMRI, maupun Transjakarta.

Solusi Transportasi

Seiring meningkatnya volume kendaraan di kota-kota besar, maka kebutuhan hunian yang memiliki akses mudah ke transportasi publik akan semakin besar. Untuk itulah PT Agung Podomoro Land Tbk, mengembangkan Podomoro Golf View. Sebuah kawasan hunian terbaru di Selatan Jakarta yang dikembangkan dengan melalui riset yang panjang dan matang.

Hunian seluas sekitar 60 hektare ini berjarak sekitar 19 kilometer dari Cawang, dan berada tepat di depan exit tol Cimanggis-Cikeas Tol Jagorawi.

Segala kemudahan akses dan pencapaian itu membuat PGV sebuah kawasan hunian yang "Easy to reach, easy to mobile".  

Penunjukan Kawasan Podomoro Golf View sebagai transfer point kawasan TOD ini otomatis selain menambah kemudahaan dan fasilitas bagi penghuninya, juga meningkatkan nilai investasi dari properti di dalam kawasan ini.

“Karena hunian yang terkoneksi langsung dengan sarana transportasi publik menjadi solusi berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat perkotaan, utamanya kota-kota besar seperti Jakarta. Konsep ini kami yakini dapat mengurangi beban biaya transportasi, sehingga lebih hemat, juga dapat menurunkan polusi,” sambung Cosmas.

Hingga saat ini APL sudah berhasil menjual tiga bloktower sebanyak 4.000 unit. Pengembang tengah memasarkan 1.350 unit apartemen di Tower Ekki, dimana sudah terserap sekitar 20% sejak diluncurkan November tahun lalu.

“Tipikal baru kami buka. Tipikal lama kami serah terima mulai akhir tahun sampai tahun depan secara bertahap,” kata Alvin.

Sejak diluncurkan hingga saat ini, harga hunian di PGV sudah naik dari Rp9,4 juta/m2 menjadi Rp11 juta/m2. Kenaikan tersebut, sebut Alvin relevan disesuaikan dengan progres pembangunan proyek tersebut. [Pius Klobor]

You have no rights to post comments